Keterbatasan Windows Evaluation




Evaluation/trial dibuat dengan tujuan menarik pengguna untuk mencoba layanan yang terdapat pada suatu software. 

Nantinya bila pengguna merasa nyaman dan cocok dengan software tersebut maka mereka harus membeli license-nya untuk mendapatkan layanan penuhNamun ada juga kalangan yang memang memanfaatkan versi evaluation ini hanya untuk bahan pembelajaran saja (tidak komersilkan) ini sangat berguna sekali walaupun hanya sebatas versi evaluation. 

Asiknya, Evaluation/Trial di Windows Server 2012 / R2 kita masih diberi fungsi penuh saat menggunakannya tetapi hanya dalam jangka waktu tertentu saja. Lamanya jangka waku dari versi evaluation yaitu selama 180 hari. Bila melewati jangka waktu tersebut nantinya akan muncul pemberitahuan untuk pengguna agar beralih ke versi full dengan cara membeli license.

Nah.. untuk penggemar versi evaluation, jangan harap bisa nyaman saat menggunakan Windows Server 2012 versi Evaluation yang sudah habis masa aktifnya.
Berikut beberapa keterbatasan bila sudah melewati tenggang waktu dari Windows Server 2012 / R2 Evaluation.

Untuk edisi Windows Server 2012 Standard, Windows Server 2012 Datacenter:
  1. Muncul peringatan di Desktop Background: "Windows License is Expired". 

  2. Ketika log on ke Windows, akan muncul pesan untuk mengaktifasi Windows:

    • Activate now


    • Ask me later


  3. Hanya bisa melakukan update untuk security updates saja. 

  4. Sistem akan shutdown setiap jam.  

  5. Muncul pesan “The license period for this installation of Windows has expired. The operating system will shut down every hour.” dengan event ID 100 pada log aplikasi.

Untuk Windows Server 2012 Essentials, kita hanya mendapat peringatan di Desktop dan dashboard Server Manager-nya saja. Server tidak shutdown.


Komentar: 

Mungkin diganggu dengan tampilan atau pemberitahuan sudah biasa. Bagaimana dengan server yang shutdown setiap jam? menjengkelkan bukan?  


Edisi Windows Server 2012 favorit saya yaitu Datacenter, alasannya karena edisi itu lebih lengkap layanannya daripada edisi yang lain. 

Saya sendiri sering melewati jangka waktu dari evaluation ini, dan hal yang paling menjengkelkan ya itu poin ke-4. Lagi asik-asik ngoprek, lewat satu jam servernya mati. Memang sih bisa aja kita menginstal ulang dengan Windows Server yang baru, tapi kan adakalanya server itu udah diisi banyak layanan yang udah kita oprek, sayang banget bukan? don't waste my time (wuidihh). 


Saran: 

Bila menggunakan Virtual Machine sebagai media untuk coba-coba, ada baiknya melakukan "Snapshot" saat dalam kondisi yang sudah layak untuk dipertahankan/disimpan, misalkan saat fresh install.

Tentunya saat selesai menginstal Windows Server di Guest OS kita memiliki full waktu 180 hari untuk dapat nyaman menggunakannya, dan lakukan roll back dengan menggunakan snapshot yang sudah dilakukan sebelumnya agar tidak direpotkan dengan menginstal ulang.

Perlu diingat walaupun kita bisa mengulang kembali hitungan jangka waktu dari versi evaluation dengan menggunakan snapshot, namun hitungan tersebut kembali ke expired bila sistem di restart. Karena sistem akan melakukan penyocokan antara waktu awal penggunaan dengan waktu yang saat ini sedang berjalan.



******

Kalau tujuannya untuk pembelajaran saja atau sekedar ingin tahu sebenernya versi evaluation ini sudah lebih dari cukup. Tetapi ingat, kalau digunakan untuk keperluan komersil maka dianjurkan untuk membeli license-nya. Kita boleh memaksimalkan yang gratis, namun jangan sampai melakukan kecurangan, bisa-bisa nanti melanggar hak cipta dan ada pasalnya loh. Hukumannya berat!


Semoga bermanfaat.. 


referensi: http://technet.microsoft.com/en-us/library/jj574204.aspx
Share:

No comments:

Post a Comment